Optimalkan Rencana Anggaran Biaya Dengan Software Akuntansi Accurate Online.

September 20, 2024

By Ramadhan Maulana Ikhsan

PROMO SPESIAL

Diskon 26% + Cashback Rp. 300rb Accurate Online 1 Tahun.

1 Database 1 user + 1 User Tambahan

Rp. 3.596.400
Rp. 2.664.00

Gratis Konsultasi dan Demo

Dalam menjalankan bisnis seseorang tentu perlu melakukan perencanaan terhadap anggaran untuk bisnisnya.Tanpa rencana anggaran biaya yang jelas dan rinci, bisnis tentu saja tidak akan maju atau berkembang sesuai keinginan.

Rencana anggaran biaya merupakan perkiraan biaya yang nantinya akan digunakan untuk pelaksanaan suatu kegiatan baik bisnis maupun proyek.

Dalam beberapa bisnis, proyek atau event, perencanaan anggaran merupakan dokumen yang wajib ada untuk melihat besaran biaya yang akan digunakan.Perencanaan perlu dilakukan untuk mengetahui biaya yang akan dikeluarkan sehingga keuangan lebih terarah.

Pada pelaksanaan proyek misalnya, rencana anggaran biaya ini menjadi dasar apakah kontraktor bisa memberikan penawaran atau tidak.Semakin menjanjikan rencana yang dibuat maka kontraktor tentu akan semakin tertarik untuk memberikan penawarannya.

Rencana anggaran sudah meliputi tahap perencanaan, pemilihan material, dan berbagai pembiayaan lainnya seperti upah pekerja dan biaya pengerjaan.Proyek bahkan bisnis atau event yang dijalankan tanpa adanya perencanaan anggaran yang rinci akan menyebabkan pembengkakan biaya.

Fungsi dan Manfaat Rencana Anggaran Biaya (RAB), Rencana Anggaran Biaya (RAB) merupakan dokumen penting yang digunakan untuk memperkirakan total biaya yang diperlukan dalam sebuah proyek atau usaha.

Fungsi RAB.

1. Estimasi Biaya.
Memungkinkan untuk memprediksi total biaya yang diperlukan sebelum proyek dimulai.

2. Kontrol Pengeluaran.
Membantu menjaga agar pengeluaran tidak melebihi anggaran yang sudah direncanakan.

3. Pedoman Protek.
RAB berfungsi sebagai panduan dalam pelaksanaan proyek, memastikan alokasi sumber daya yang tepat.

4. Dokumen Lelang,
Digunakan sebagai dasar dalam proses lelang atau tender proyek untuk menilai proposal yang diajukan oleh kontraktor.

5. Pengambilan Keputusan :
Membantu pihak terkait untuk menentukan apakah proyek layak dilaksanakan atau membutuhkan penyesuaian.

Manfaat RAB.

1. Edisiansi Penggunaan Dana
Dengan adanya RAB, pengelolaan dana menjadi lebih terstruktur sehingga dana dapat digunakan.

2. Meminimalisir resiko pembangkakan biaya.
RAB membantu untuk mencegah adanya biaya tambahan yang tidak terencana.

3. Dokumentasi.
RAB berfungsi sebagai dokumentasi yang menunjukkan transparansi dalam penggunaan anggaran.

4. Evaluasi kinerja.
Setelah proyek selesai, RAB bisa dijadikan alat untuk mengevaluasi apakah realisasi proyek sesuai dengan anggaran yang direncanakan.

Cara membuat rencana anggaran biaya (RAB).

Cara membuat RAB berbeda pada setiap industri dan sistem bisnis, Dalam contoh ini, kami akan memberikan cara membuat rencana anggaran biaya untuk bisnis konstruksi.

1. Identifikasi Proyek.
2. Buat Daftar Kebutuhan.
3. Hitung kuantitas material.
4. Harga Material dan Jasa.
5. Hitung Total Biaya.
6. Masukkan Biaya Tambahan.
7. Buat Laporan Akhir.

contoh anggran

Kesulitan dalam membuat dan memantau anggaran? anda bisa menggunakan software akuntansi canggih Accurate Online untuk proses Anggaran lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap seperti proses pencatatan pembukuan, penghitungan dan pelaporan pajak, payroll, anggaran, inventori dan stok, pengelolaan multi cabang serta memiliki lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Accurate Online pada september 2024 mengadakan promo menarik, hubungi tim www.akuntansiusaha.id untuk informasi lebih lanjut.

Akuntansiusaha.id penyedia produk unggulan Accurate Online dilengkapi dengan tim expert berpengalaman, respon cepat dan ramah dalam pelayanan.

KLIK DISINI untuk informasi promo september 2024 dan kemudahan rencana anggaran biaya.