Pengertian Anggaran Surplus, Mudahkan Pakai Accurate Online
September 27, 2024
By Ramadhan Maulana Ikhsan
Pendahuluan
Anggaran perusahaan merupakan suatu proses perencanaan dan juga pengendalian aktivitas sebuah operasi perusahaan. anggaran adalah sebuah taksiran terkait penerimaan dan juga pengeluaran kas yang diharapkan untuk masa depan.
Anggaran surplus adalah kondisi keuangan di mana pendapatan suatu organisasi, perusahaan, atau pemerintah lebih besar daripada pengeluarannya dalam periode tertentu.
Anggaran surplus mencerminkan pengelolaan keuangan yang efektif dan sehat karena entitas tersebut mampu menghasilkan lebih banyak uang daripada yang dibelanjakan.
Anggaran surplus dapat digunakan untuk :
1. Investasi dalam proyek baru atau pengembangan bisnis.
2. Pembayaran utang untuk mengurangi beban keuangan di masa depan.
3. Menambah cadangan kas sebagai dana darurat atau tabungan untuk kebutuhan mendesak di masa depan.
Anggaran surplus mencerminkan stabilitas dan kinerja keuangan yang positif.
Tujuan dibuatnya anggaran surplus:
1. Dapat menyatakan harapan ataupun tujuan perusahaan secara formal dan jelas.
2. Dapat mengkomunikasikan harapan manajemen pada berbagai pihak terkait, sehingga anggaran bisa didukung, dimengerti dan juga dilaksanakan.
3. Mengkoordinasikan cara ataupun metode yang ingin ditempuh guna memaksimalkan sumber daya. Hal ini juga bisa menyajikan alat ukur serta mengendalikan performa individu, kelompok dan menyajikan informasi yang mendasar terkait perlu atau tidaknya tindakan koreksi.
Metode Penyusunan Anggaran Surplus :
1. Otoriter atau Top Down
Dalam metode otoriter maka anggaran akan dibuat dan ditetapkan sendiri oleh pimpinan dan tanpa keterlibatan bawahan dalam pembuatannya. Ada baiknya metode ini dilakukan jika karyawan memang tidak bisa membuat anggaran atau dianggap terlalu lama dan juga tidak tepat bila diserahkan pada bawahannya.
2. Demokrasi atau Bottom Up
Anggaran dibuat dengan berdasarkan hasil keputusan karyawan. Anggaran dibuat mulai dari bawahan hingga atasan, yang mana diserahkan sepenuhnya untuk membuat anggaran yang ditargetkan pada masa yang akan datang.
Metode ini digunakan bila pihak perusahaan telah mempunyai kemampuan dalam membuat anggaran dan tidak dikhawatirkan bisa menimbulkan proses yang lama dan berlarut.
3. Kombinasi Top Down dan Bottom Up
Metode yang terakhir ini adalah gabungan dari kedua metode sebelumnya. Pembuatan anggaran akan dimulai dari atas dan selanjutnya diserahkan agar bisa dilengkapi dan dilanjutkan oleh karyawan bawahan.
Jadi, pedoman dari atasan ataupun pimpinan kemudian akan dijabarkan oleh bawahan sesuai dengan arahan dari pihak atasan.
Dampak dan Manfaat Anggaran Surplus bagi Bisnis antara lain :
– Stabilitas Keuangan.
– Investasi dan Ekspansi.
– Pengurungan Beban Utang.
– Peningkatan Nilai Perusahaan.
– Keberlanjutan Operasional.
Penutup
Anggaran Surplus dapat dibuat dengan software akuntansi Accurate Online, yang merupakan software akuntansi ciptaan anak bangsa.
Accurate Online memiliki lebih dari 200 jenis laporan keuangan serta anda dapat lebih mudah dalam membuat berbagai jenis anggaran.
Berlangganan Accurate Online bisa melalui www.Akuntansiusaha.id yang merupakan penyedia produk resmi Accurate dengan tim berpengalaman, respon cepat dan ramah dalam melayani anda
KLIK DISINI untuk berlangganan Accurate dan kemudahan anggaran surplus.